mbio.fsm.undip.ac.id. Tim pengelola Program Studi Magister Biologi Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Universitas Diponegoro (Undip) melaksanakan kegiatan benchmarking ke Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada Kamis (23/11). Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Ketua Program Studi Magister Biologi Prof. Dr. Erma Prihastanti, M.Si, dan dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Ketua Departemen Biologi Prof. Sapto Purnomo Putro, M.Si, Ph.D, serta tim kurikulum yang terdiri dari Prof. Dr. Endah Dwi Hastuti, M.Si, Dr. Nintya Setiari, M.Si, dan Dr. Yulita Nurchayati, M.Si.

Tujuan dari kegiatan benchmarking ini adalah untuk memperoleh informasi terkait pemberlakuan kurikulum dan kegiatan tri dharma di Fakultas Biologi UGM, khususnya untuk jenjang Magister Biologi. Prof. Erma Prihastanti menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya nyata untuk pembenahan layanan akademik di Magister Biologi FSM Undip. “Kami ingin mendapatkan gambaran menyeluruh tentang praktik terbaik di Fakultas Biologi UGM agar dapat memperbaiki aspek-aspek tertentu di program studi kami,” katanya.

Selama kunjungan, Tim dari Magister Biologi Undip diterima dengan hangat di Fakultas Biologi UGM. Sesi diskusi bersama pimpinan Fakultas Biologi UGM, termasuk Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Bambang Retnoaji, S.Si, M.Sc, memberikan pemahaman mendalam tentang manajemen pendidikan di tingkat fakultas. Diskusi kemudian dilanjutkan dengan Dr.rer.nat Andhika Puspito Nugroho, S.SI, M.Si, Ketua Prodi S2 Biologi UGM, yang membahas manajemen pendidikan di tingkat program studi.

Sesi terakhir mencakup diskusi yang menarik tentang Pembahasan Sistem Jaminan Mutu yang dipresentasikan oleh Zuliyati Rohmah, S.Si, M.Si, Ph.D, Koordinator Unit Jaminan Mutu Fakultas Biologi UGM. Poin-poin tersebut membahas aspek-aspek kritis terkait kualitas pendidikan dan jaminan mutu di tingkat program studi.

Prof. Erma Prihastanti menyampaikan bahwa hasil dari kegiatan benchmarking ini akan menjadi landasan penting untuk pembenahan manajemen Program Studi Magister Biologi di FSM Undip. “Kami berharap dapat mengimplementasikan praktik-praktik terbaik yang ditemukan di Fakultas Biologi UGM demi meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat magister,” ungkapnya.

Kegiatan benchmarking ini juga mencerminkan kolaborasi yang erat antarprodi dalam satu rumpun ilmu. Ini adalah langkah konkret dalam memberikan layanan pendidikan terbaik bagi masyarakat dan meningkatkan eksistensi program studi di tingkat nasional.