SEMARANG – Program Studi Magister Biologi Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema “Pentingnya Kesehatan Diri dan Lingkungan” kepada siswa kelas 4 SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang yang dilaksanakan secara daring.

Masa pandemi mengharuskan pendidikan berhenti melakukan kegiatan dengan mobilitas yang tinggi tatap muka menjadi kegiatan belajar online untuk menjaga siswa agar tetap sehat dan tidak terpapar oleh virus. Kehidupan berdampingan dengan virus merupakan hal baru yang dialami oleh seluruh siswa dan manusia di dunia, dalam hal ini perlu adanya pendampingan terutama pada siswa di kalangan sekolah menengah untuk tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat, salah satunya dengan membiasakan untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan baik di rumah maupun lingkungan masyarakat. Anak-anak merupakan kalangan rentan terpapar penyakit menular dan membutuhkan pendampingan dalam menerapkan kebiasaan baik untuk mencegah penularan virus, permasalahan tersebut menjadi latar belakang perlu adanya sosialisasi gerakan pola hidup sehat sebagai langkah awal perlindungan kesehatan anak di masa pandemi. Kegiatan dilakukan dengan memberikan sosialisasi materi.

Diharapkan sebagai mitra kerjasama, SD Hj. Israti Baiturrahman 1 Semarang dapat memanfaatkan sosialisasi secara virtual dengan pertemuan melalui zoom untuk meningkatkan semangat siswa SD dalam menerapkan pola kehidupan sehat dimasa pandemi COVID-19. Pelaksanaan sosialisasi secara virtual mampu meningkatkan kepercayaan mitra mengenai adanya pendukung eksternal demi meningkatkan semangat belajar siswa SD yang dilakukan secara online siswa mampu mengimplementasikan pentingnya pola hidup sehat di era pandemi saat ini.